Bencana Alam Yang Berusaha Kita Hindari (II-Habis)

13 Aug 2017

Masih berbicara tentang bencana alam menyambung tulisan sebelumnya, salah satu bencana terbesar yang awalnya disebabkan oleh kelalaian dan saat ini masih berlangsung adalah bencana ‘Lumpur Lapindo’ Porong-Sidoarjo. Meski efeknya tak seberapa dirasakan lagi oleh Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya karena pengoperasian jalan tol baru yang dibangun sebagai pengganti jalur yang runtuh. Sesekali Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat pun masih melewati daerah tersebut karena permintaan konsumen, tetapi memilih via tol agaknya lebih menghemat waktu bila tempat tujuannya cukup jauh.

Gambar pemukiman yang kebanjiran. Beberapa jenis 'bencana' mungkin disebabkan oleh pengaruh manusia kepada alam ketimbang murni oleh alam. Sumber: pixabay/LucyKaef

Jika kita melihat penduduk yang hidup di sekitar daerah rawan bencana kita akan merasakan jika penduduk tersebut memilih tetap tinggal di daerah tersebut karena merasa sudah ‘menyatu’ dengan lingkungan sekitarnya dan dapat hidup dari mengolah tanah pertanian dan lain sebagainya disitu. Hal seperti ini bisa terlihat pada perkampungan sebelum jalan ke kaldera Bromo dimana Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya sering mengantar tamu ke sana, Kelud di Kediri, Merapi di Jogja dan lainnya yang berdekatan dengan gunung berapi.

Namun bila kita melihat korban Lumpur Lapindo, tak akan ada banyak hal yang bisa dikerjakan di sekitar daerah terdampak tersebut karena tanah di kawasan itu telah menjadi tidak stabil dan beberapa titik mengeluarkan gas berbahaya dan mudah terbakar; lagipula kejadian ini bukan murni bencana alam jika sebelumnya tidak didahului oleh aktivitas penambangan oleh manusia karena letak daerahnya pun agaknya bukan termasuk daerah rawan bencana. Di kawasan Porong ini juga terdapat jalan penghubung antara Malang - Surabaya.

Bila kita semua menyadari peristiwa terjadinya bencana alam, sepertinya ada dua kelompok yang bisa dilihat dari penyebabnya. Satu akar masalahnya adalah ‘murni’ berasal dari alam (semacam hujan meteor, gunung meletus, radiasi panas matahari dan lain sebagainya dimana tak adanya campur tangan manusia), sedangkan akar masalah lainnya adalah alam yang meminta kompensasi dari apa yang diperbuat manusia terhadapnya. Sebagai contoh lapisan ozon yang sepuluh-dua puluhan tahun lalu dikabarkan berlubang cukup lebar. Lapisan ozon yang melindungi bumi dari paparan sinar ultraviolet matahari ini bisa mengakibatkan kanker kulit, kerusakan mata, dan gejala lainnya. Bukan hanya pada manusia, tetapi imbasnya juga menimpa hewan dan tanaman. Dari referensi Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya berikut: http://www.hijauku.com/2013/08/16/lubang-ozon-hangatkan-bumi/, diketahui bahwa lubang ozon juga membelokkan arah angin yang tentu berpengaruh terhadap beberapa pola iklim dan cuaca di bumi. Lubang ini juga dituding sebagai penyebab bumi ‘menghangat’, karena sinar matahari tidak dipantulkan lagi ke angkasa oleh atmosfer.
Sementara penyebab menipisnya serta lubang ozon ini adalah penggunaan CFC (chlorofluoro carbon) yang terdapat pada pendingin kulkas serta AC, semprotan aerosol dan lain-lain.

Gambar prediksi lapisan ozon oleh NASA. Sumber: commons.wikimedia.org/NASA

Beberapa waktu lalu Rental Sewa Mobil Innova Reborn di Surabaya menemukan satu artikel bagaimana ‘bencana alam’ juga berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia. Seperti yang dipaparkan pada tautan berikut: http://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/08/132144726/es-kutub-utara-mencair-selat-malaka-bisa-mati-. Sebelum ini pun Selat Malaka masih menyumbang peran penting bagi kawasan Indonesia dan negara tetangga karena lalu-lintas kapal barang dan manusia. Menurut berita tadi, jika permukaan laut naik maka jalur yang tadinya tidak mampu dilewati kapal bisa terbuka. Namun ada hal lain di luar bencana alam ini yang juga termasuk salah satu penyumbang menurunnya trafik di Selat Malaka yakni bila proyek Terusan Kra di Thailand berjalan.

Di Jakarta dimana saat ini masih menjadi ibukota Indonesia, bencana alam juga menjadi satu hal yang tidak dapat dipungkiri lagi. Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat berpendapat bahwa kasus Jakarta ini asalnya memang bukan ‘murni’ bencana alam, tetapi konsekuensi yang disebabkan karena pembangunan yang tak terkontrol dan ‘tidak taat azas’; Padahal sejak lama digaungkan bahwa tanah di Jakarta mengalami penurunan beberapa sentimeter pertahunnya, tetapi pembangunan di sana masih terus berlanjut. Akibatnya, kota ini pun berusaha sekuatnya agar ‘tidak tenggelam’: https://finance.detik.com/foto/3587615/foto-ini-penjaga-jakarta-agar-tak-tenggelam/1.

Toh tidak perlu jauh-jauh ke daerah Jakarta untuk melihat bagaimana dahsyatnya kekuatan air di musim penghujan, karena Rental Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya merasakan di Kota Malang pun agak parah saat arus deras banjir meluber jalan utama Malang - Surabaya. Di berbagai kota lain seperti Surabaya serta kota satelitnya, adanya peningkatan penduduk yang pesat (dengan ditandai oleh pembangunan perumahan) namun tidak diimbangi dengan penataan saluran air yang baik maka memang akan mengakibatkan banjir yang mengganggu. Dan masalah banjir ini tentu yang paling berpengaruh pada operasional rental mobil karena efek aquaplanning-nya yang bisa mendorong/menghanyutkan mobil. Beberapa kejadian adanya lubang hisap (sinkhole) begini pun nampak seperti bencana alam, tetapi beberapa sumber referensi Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya pun menjelaskan bahwa ada pengeboran di sekitar lubang yang berimbas pada kekosongan ruang pada bagian tanah dan ‘memakan’ benda yang ada di atasnya. Kerapuhan karena erosi pun bisa menjadi penyebab peristiwa yang terlihat pada video berikut:

Di sekitaran kantor Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya beberapa waktu terakhir pun juga dipasangi box culvert demi mengalirkan air supaya lebih lancar. Beberapa ruas sungai di Surabaya pun ditutup dengan box culvert yang kemudian dijadikan jalan raya di atasnya. Misalnya di jalan Tandes - Banyuurip serta di jalan Nginden Semolo hingga Semolowaru, Surabaya. Sisi positif dari penutupan ini mungkin adalah mengurangi warga yang membuang sampah secara langsung ke sungai tersebut. Dan semoga box culvert itu sendiri cukup kuat menyangga beban lalu-lintas di atasnya agar peristiwa semacam video terakhir tidak terjadi. Meskipun kondisi Surabaya dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi (meskipun masih berjarak bila dibandingkan dengan Jakarta: https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_largest_cities ) belum lagi ditambah dengan pendatang, tentu memberikan imbas yang cukup berarti karena faktor ini juga berpengaruh pada beban atau kapasitas sebuah kota—baik atmosfer serta kebersihan udara, pengairan dan lain-lain.

Tak ada yang benar-benar bisa pas diprediksi, karena banyak peristiwa memang datang tidak terduga. Mungkin inilah yang diistilahkan oleh banyak orang sebagai takdir ^_^. Apapun yang terjadi, Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya akan siap mengantar Anda ke tempat tujuan; kecuali bila sebelumnya ada berita larangan keras untuk mendekat daerah terdampak seperti sebelumnya.


TAGS sewa mobil surabaya rental mobil surabaya sewa mobil rental mobil bencana alam takdir kejadian fenomena surabaya jawa timur indonesia transportasi traveling ekonomi selat malaka rawan sungai box culvert banjir


-

Author

mainsite:

sewamobildisurabaya: http://www.fortunerentcar.com

rentalmobildisurabaya: http://www.sewamobildisurabaya.org

sewarentalmobilsurabaya: http://sewamobilmurah.website

Follow Me