Bencana Alam Yang Berusaha Kita Hindari (I)

12 Aug 2017

 

Bencana alam berupa kebakaran hutan yang sepertinya masih menjadi satu momok di Indonesia pada musim kemarau; yang entah disebabkan oleh manusia atau murni karena kondisi alam. sumber: pixabay/AdinaVoicu


Bencana alam
 sendiri mempunyai banyak jenis; mulai dari hujan lebat, banjir, gempa, tanah longsor, gunung meletus, hujan petir, dan banyak lagi. Tetapi agaknya peristiwa bencana alam yang banyak membatalkan jadwal Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya selama ini adalah gunung meletus (paling sering adalah Bromo, sedangkan lainnya adalah Kelud) selain angin, laut pasang dan cuaca buruk (seperti penyeberangan ke Bali atau dibatalkannya penerbangan dari atau ke kota tertentu). Dan Sewa Rental Mobil Surabaya di Surabaya Barat agaknya lebih menyarankan kepada konsumen supaya mengubah ke tujuan lain jika ada peringatan dan larangan mendekat terkait bencana alam bila telah ada imbauan sebelumnya. Bencana alam merupakan salah satu hal yang tidak dapat diduga sebelumnya karena segala keterbatasan manusia. Pasalnya, meski ada instansi yang bertugas memperkirakan terjadinya bencana berdasar dari pergerakan bumi dan segala aktivitasnya; seringnya dari kejadian tersebut kita hanya dapat mengeliminir jatuhnya korban, dan korban pun masih tercatat ditinjau dari berbagai kasus.

Namun secara keseluruhan, pembatalan transaksi rental mobil yang disebabkan oleh bencana alam ini pun masih lebih jarang terjadi dibandingkan pembatalan oleh sebab lain semacam delay pesawat terbang karena suatu sebab yang tidak jelas atau karena pikiran yang berubah dari konsumen itu sendiri.
Hal inilah yang mungkin membuat seorang sopir Rental Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya masih bisa bersyukur disebabkan oleh banyaknya pemberitaan menimpa sopir moda transportasi lain yang ternyata masih bertugas di daerah rawan bencana (bahkan menjadi korban pada saat bencana terjadi); tetapi kami juga berpikir tak dapat berbuat apapun mengenainya.

Di beberapa daerah di Indonesia agaknya menjadi wilayah ‘langganan’ bencana. Beberapa contohnya adalah Kediri dan sekitarnya lewat Gunung Kelud, Jogjakarta lewat Gunung Merapi, Pasuruan-Ponorogo lewat Gunung Bromo dan lain-lain. Banyak warga di sekitar kota-kota ini juga merasakan gempa bumi yang terkadang terasa.

Meskipun begitu, Kota seperti Surabaya agaknya masih ringan dan ‘relatif aman’ dari guncangan gempa dahsyat seperti daerah lain yang lebih dekat dengan gunung berapi aktif, namun tidak dengan puting beliung. Beberapa waktu lalu sebuah kejadian puting beliung diatas laut juga sempat diakses Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya dari yang tersiar melalui akun e100 media SuaraSurabaya. Di beberapa daerah masih sempat diketahui timbulnya puting beliung namun sepertinya masih ‘lebih kecil’ kekuatannya dibandingkan video berikut:

Tapi bahkan di negara yang kerap dilanda gempa bumi semacam Jepang pun (dan yang terasa paling siap antisipasinya), bencana gempa masih menyisakan hal-hal lain seperti menghentikan produksi: https://dapurpacu.com/313081/gempa-jepang-nissan-tangguhkan-produksi/. Tautan berikut ini mungkin dapat menjadi gambaran bagaimana kerugian bisa sangat besar saat terjadinya bencana alam gempa bumi: http://bisnis.liputan6.com/read/2672009/6-gempa-dahsyat-dengan-kerugian-terbesar-di-dunia.

Seperti yang disebut sebelumnya bahwa manusia hanya bisa berusaha membangun (atau mengadakan) sesuatu untuk mengeliminir dampaknya, ada proyek menarik dimana sebuah terowongan diklaim anti-longsor: https://www.merdeka.com/foto/dunia/856588/20170620094904-melihat-terowongan-anti-longsor-buatan-rusia-001-isn.html. Tidak dijelaskan lebih lanjut bagaimana teknis yang diterapkan untuk menahan longsor, yang nampak sekilas hanya adanya tiang-tiang penyangga yang dibangun sejajar dengan kemiringan bukit.

Jika kita berkeliling di daerah perbukitan semacam di Batu - Pujon - Kediri dan sekitarnya kita mungkin akan menjumpai peringatan bahwa rawan longsor. Peringatan semacam ini pun ditemui juga pada daerah perbukitan lainnya. Kebetulan, Rental Sewa Mobil Livina Surabaya cukup sering mengantar tamu ke daerah semacam ini. Dan sepertinya, melihat tebing curam di kanan-kiri jalan itu pun cukup membuat miris mata yang memandangnya; seakan hanya menunggu waktu saja untuk roboh meski tentu berharap semoga hal ini jangan menjadi kenyataan. Di beberapa tempat pun diketahui rawan longsor meski terlihat ‘damai’ dan tidak curam atau terjal, nampaknya didasari oleh tak adanya pepohonan rimbun di sana dan perubahan areal tersebut . Seperti catatan seorang pengamat yang ditemukan Sewa Rental Mobil Innova Reborn di Surabaya di akun e100 berikut:

Karena erosi dan banjir yang kuat pun sanggup menggelontorkan apa saja, seperti tayangan video dokumentasi yang terjadi di daerah Tibet berikut:

Namun video lain memperlihatkan kawasan yang dipenuhi pepohonan pun ternyata masih bisa menjadi daerah yang rawan longsor. Kemungkinan, hal ini disebabkan oleh kondisi tanah yang labil dan penyebabnya berasal dari kedalaman tanah bukan di permukaan. 

.

Di sisi lain, bencana alam nampaknya bisa sangat drastis mengubah pemandangan di kawasan tertentu termasuk segala dampaknya. Seputuh tahun sejak tsunami di Aceh, daerah yang dilanda bencana tersebut memang telah direkonstruksi dan ditata kembali menjadi lebih rapi: http://www.dw.com/en/ten-years-after-the-tsunami-how-has-aceh-changed/a-18149958. Tetapi kita tentu takjub jika alam juga mempunyai kemampuan me-’restorasi’ sesuatu yang tadi dihancurkannya. Misalnya pada tautan berikut: http://www.jawapos.com/read/2017/05/09/128810/ajaib-selama-33-tahun-pantai-ini-kehilangan-pasirnya-namun-lihat-sek. Dari keterangan berita, pasir pantai di kawasan Irlandia ini tersapu badai dan hilang seluruhnya diganti dengan batu-batuan kasar.

Namun berpuluh tahun kemudian pasir pantai tadi muncul lagi setelah ada angin ribut yang datang membawa pasir yang tenggelam di laut. Sepertinya banyak orang pun akan menyukai pantai berpasir ketimbang pantai berbatu kasar untuk tujuan berlibur (yang pastinya bisa digunakan untuk berlarian atau membangun istana pasir), kecuali pantai tersebut mempunyai batu-batu besar yang eksotis semacam di Bangka-Belitung. Dan berkaitan dengan pasir-pasir pantai ini, ternyata di Jawa Timur sendri mempunyai pantai-pantai ‘tak terkenal’ yang relatif jarang diakses orang meskipun panorama alamnya cukup elok. Keberadaannya pun hanya tersiar melalui sosial media yang dilakukan oleh penduduk setempat dan sekitarnya. Jadi, berkenalan dan menjalin hubungan dengan banyak orang pun mungkin menjadi salah satu cara untuk mengenal alam lebih baik sepertinya. ^_^

[bersambung]


TAGS sewa mobil surabaya rental mobil surabaya sewa mobil rental mobil bencana alam takdir kejadian fenomena surabaya jawa timur indonesia transportasi traveling


-

Author

mainsite:

sewamobildisurabaya: http://www.fortunerentcar.com

rentalmobildisurabaya: http://www.sewamobildisurabaya.org

sewarentalmobilsurabaya: http://sewamobilmurah.website

Follow Me