Otomotif dan Die Cast

20 May 2016

Die cast dari truk volvo. sumber: commons.wikimedia.org/Arosio Stefano

 

Para pecinta otomotif hampir pasti mengenal die cast. Die cast adalah mainan (sebenarnya kurang cocok jika disebut mainan) berupa miniatur dari mobil asli dengan ukuran skala yang konsisten. Tak hanya mobil saja, karena pesawat terbang atau helikopter pun pun bisa dijumpai die-castnya. Mengapa Sewa Mobil Avanza di Surabaya mengatakan bahwa die cast ini bukan sekedar mainan, karena kenyataannya terkadang die cast ini bisa ditemui salah satunya pada perusahaan transportasi penerbangan atau angkutan umum (perusahaan otobus), seperti salah satu contoh gambarnya bisa dijumpai di wikipedia: https://en.wikipedia.org/wiki/Die-cast_toy. Di samping itu, berbeda dengan mainan umumnya yang asal berbentuk mobil, pesawat, helikopter atau apapun asal bisa jalan; die cast ini dibuat sangat mirip dengan benda aslinya dengan sangat memperhatikan detilnya.

Bahkan prospek untuk die cast yang bagus dan detail ini sangat menjanjikan. Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya mendapatkan artikel berita bahwa seorang pengrajin die cast yang biasa menerima pemesanan dari perusahaan otobus hingga kewalahan mengerjakan order: http://www.kompasiana.com/bamset2014/yusak-nurcahyo-kewalahan-layani-order-miniatur-bus_570e150403b0bd2b096c8f09. Sebabnya adalah karena detilnya tidak hanya pada kisaran tampilannya saja, tetapi hingga ke suara mesin aslinya. Padahal secara harga pun tidak bisa dibilang murah karena die cast yang dikerjakan dengan telaten ini mempunyai bandrol harga hingga 15 juta sebuahnya.

Die cast dari pesawat Boeing. sumber: commons.wikimedia.org/KPWM Spotter

 

Di kota pahlawan tempat Sewa Mobil Innova di Surabaya bermarkas pun ternyata mempunyai komunitas pecinta die cast yang bisa dilihat pada tautan berikut: http://www.toymagz.com/index.php/event/read/29/Surabaya-Toys-Community-STC-featuring-Surabaya-Diecast-Club-SDC.html. Dengan demikian, para member pecinta die cast tersebut bisa sharing dan tukar-menukar informasi (atau koleksi) demi melengkapi barang kesukaannya ini. Banyak orang menyenangi sesuatu, dan banyak orang yang tertarik tetapi bisa dikatakan sebagai pemula ini tidak lantas bisa mengetahui liku-liku dalam mengkoleksi die cast. Karena itu, dibutuhkan pengetahuan supaya dalam pembelian nantinya tak akan mudah ditipu orang: http://www.otosia.com/berita/ingin-koleksi-diecast-pengetahuan-mainan-harus-cukup.html. Bergabung dengan komunitas tadi agaknya bisa menjadi pilihan, karena pada komunitas tertentu terkadang ada seseorang yang bisa dijadikan acuan dan dianggap ’sesepuh’ yang telah mempunyai pengalaman dan banyak ‘makan asam-garam’.

Sementara itu, di kala kita bicara tentang die cast maka mungkin kita bicara tentang eksibisi terkait hal ini. Karena pameran dari berbagai banyak bidang juga semakin sering digelar untuk menggali potensi dan minat masyarakat akan suatu hal, seperti tautan referensi Rental Mobil Pregio di Surabaya ini: http://www.otosia.com/galeri/indonesia_diecast_expo_2015_jakarta_part_2-1.html. Dari sisi masyarakat sendiri, mungkin pameran ini bisa juga membangkitkan minat bukan hanya menjadi konsumen tetapi bisa pula menjadi produsen seperti yang disebutkan pada paragraf sebelumnya.

Dari sisi perkembangan di dunia otomotif dan transportasi sendiri, Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya melihat pabrikan terus menggelontor pasar dengan berbagai varian baru produknya. Jadi jenis mobil miniatur die-cast ini mungkin akan bisa lebih variatif. Belum lagi jika bahan yang digunakan untuk miniatur tersebut berkualitas, akan turut mendongkrak harganya pula, seperti yang telah dibaca pada beberapa referensi tadi. Dan bagi penggila yang tak lagi berhitung soal uang, mungkin level koleksi mereka akan lebih tinggi lagi dibandingkan orang di komunitasnya. Jika keuangan mereka mencukupi, mungkin mereka akan berburu die cast langka atau koleksi yang memang mempunyai harga tinggi. Macam koleksi pada tautan berikut ini: http://otomotif.metrotvnews.com/read/2015/09/18/171191/mobil-mainan-land-rover-ini-lebih-mahal-dari-mobil-sung.

Tapi bagaimanapun, seorang kolektor yang baik tentunya akan bisa menentukan prioritas mana yang penting baginya atau tidak bukan? Tak jarang kita menemui seseorang yang menggelar lapak dan menjual beberapa atau bahkan seluruh koleksinya. Bisa jadi koleksi ini adalah warisan, atau kolektor tersebut sedang membutuhkan uang. Namun bisa jadi ada maksud lain yang tidak diketahui.
Walaupun begitu, terkadang kita pun mendapati fakta yang umum pada kehidupan; jika ada yang mati ada pula yang tumbuh. Begitu pula jika diketahui adanya seorang kolektor yang meninggal (yang koleksinya lalu dijual oleh ahli warisnya), kemungkinan ada orang yang tertarik atau menjadi kolektor baru sebelum dan sesudahnya. Bahkan bukan tidak mungkin kesenangan mengkoleksi ini menurun pada anak atau keluarganya. Jadi kita pun akan selalu menjumpai kolektor die cast (atau komunitasnya) yang bisa dijumpai di masyarakat. Pasar memang penting bagi produsen die cast dan usaha di bidang apapun (termasuk Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya), karena dari situlah mereka hidup. Untuk bertahan, mereka bisa memberi tawaran yang menarik atau dengan strategi yang lain: mungkin dengan membentuk komunitas bagi brand-nya sendiri.

Sebagai penutup, berikut ini adalah salah satu video contoh bagaimana proses pembuatan die-cast. Semoga bermanfaat.


TAGS Sewa Mobil Surabaya Sewa Mobil Murah di Surabaya Sewa Mobil di Surabaya Sewa Mobil Avanza di Surabaya Sewa Mobil Innova di Surabaya Sewa Mobil Pregio di Surabaya Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya Rental Mobil Surabaya Rental Mobil di Surabaya Rental Mobil Murah di Surabaya Rental Mobil Avanza di Surabaya Rental Mobil Innova di Surabaya Rental Mobil Pregio di Surabaya Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya


Comment
-

Author

mainsite:

sewamobildisurabaya: http://www.fortunerentcar.com

rentalmobildisurabaya: http://www.sewamobildisurabaya.org

sewarentalmobildibali: http://www.sewarentalmobilbali.com

Follow Me