Surat Palsu Kendaraan dan Plat Nomor

11 Aug 2015

Gambar mobil polisi Palestina dengan plat nomornya. image: dickelbers/commons.wikimedia.org

**Gambar Polisi Palestina dengan plat nomornya. image oleh: Dickelbers/commons.wikimedia.org

Beberapa waktu lalu santer diberitakan tentang adanya plat nomor bodong dari pemilik mobil mewah Lamborghini milik beberapa orang di DKI yang cukup meresahkan masyarakat umum dan kepolisian. Beruntung, mobil tersebut akhirnya dikembalikan setelah diambil oleh dealer/distributor yang bersangkutan dari kepolisian terkait pembelian mobil tersebut:

http://megapolitan.kompas.com/read/2014/09/04/12251811/Lamborghini.Pakai.Nomor.Polisi.BMW.Juga.Dikembalikan.

Dari keterangan berita tersebut dan sumber lain yang dibaca Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya, surat-suratnya belum lengkap dan seharusnya tidak digunakan lebih dulu sebelum suratnya keluar.

Plat nomor, baik itu untuk roda dua atau lebih—sebenarnya merupakan identitas yang vital bagi kendaraan yang terhubung dengan si empunya. Dengan plat nomor ini Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya bisa dengan mudah mengidentifikasi armada mobil yang merupakan aset perusahaan. Misalnya saat dibawa oleh driver untuk mengantar penyewa. Dari sisi pengguna jasa Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya, plat nomor tersebut juga memudahkan penyewa untuk melihat mobil yang datang menjemput mereka. Apalagi jika kita melihat tampilan fisik mobil (atau kendaraan) yang hampir mirip satu sama lain—karena sama merk dan jenisnya, plat nomor ini menjadi perhatian pertama kali saat ada suatu peristiwa yang menarik perhatian di jalan. Semisal kecelakaan, atau pelanggaran lalu lintas.

Dari sisi dan sudut pandang polisi sendiri; rasanya juga sangat wajar bila penggunaan plat nomor palsu ini dinilai sangat meresahkan—menurut Sewa Rental Mobil Innova Reborn di Surabaya. Apalagi yang melakukan adalah kalangan berduit. Bila tidak ditindak tegas, kekhawatiran yang bisa terjadi adalah meluasnya tindakan pelanggaran tersebut.
Misalnya saja: penyelundupan yang tak terdeteksi dari mobil-mobil yang umum berseliweran di Indonesia dari luar negeri. Atau tindakan pelanggaran lain yang terinspirasi dari pelanggaran Lamborghini ini.

Sebagai wakil rakyat dan ‘orang atas’, sudah seharusnya sang pemilik memberi contoh yang lebih baik. Supaya tidak menular kepada masyarakat kebanyakan yang jengah dengan sistem sosial dan perpolitikan negeri ini. Adanya sedikit ketimpangan yang terjadi pada masyarakat strata atas bisa menjadi “sasaran empuk” pergunjingan masyarakat di bawahnya. Aksi kebut-kebutan di jalan selama ini mungkin juga dipicu oleh adanya sekat yang menganga antar-strata tadi. Kalimat yang populer di masyarakat adalah, “Hukum Tajam Ke Bawah, tapi Tumpul Ke Atas.” Seperti juga yang terjadi pada video berikut:

https://wwwh.facebook.com/1719149851645547/videos/1727555870804945/

Mungkin beberapa orang yang ‘menempel’ atau menjadi pejabat berpikir bahwa mereka mempunyai kekebalan hukum sehingga bisa lolos dari jeratan sanksi.

Lewat media berita online Sewa Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya mendapati beberapa kasus adanya plat nomor palsu ini. Sedangkan dari UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas juga ditemui beberapa pasal yang memuat tentang Plat Nomor atau TNKB dalam istilah resminya: Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.
Antara lain pada pasal 68 dengan isi sebagai berikut:
(1) Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.
(2) Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) memuat data Kendaraan Bermotor, identitas pemilik, nomor registrasi Kendaraan Bermotor, dan masa berlaku.
(3) Tanda Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) memuat kode wilayah, nomor registrasi, dan masa berlaku.
(4) Tanda Nomor Kendaraan Bermotor harus memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna, dan cara pemasangan.
(5) Selain Tanda Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dapat dikeluarkan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor khusus dan/atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor rahasia.
(6) Ketentuan lebih lanjut mengenai Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor diatur dengan peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Tetapi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor hanya sebagian dari proses yang bernama registrasi tersebut. Untuk selengkapnya, bagian UU no 22 tersebut yang mengatur tentang registrasi pada kendaraan bermotor diatur pada Bagian ketujuh, Pasal 64 —75.
Mengacu pada kondisi yang terjadi pada plat nomor/TNKB bodong tersebut, sudah barang tentu pemiliknya melanggar pasal-pasal UU Lalin tentang registrasi ini. Karena pengecualian yang terdapat pada pasal 69 pun tidak ditemui dalam kasus plat nomor palsu ini. Begini bunyinya:
(1) Setiap Kendaraan Bermotor yang belum diregistrasi dapat dioperasikan di Jalan untuk kepentingan tertentu dengan dilengkapi Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor dan Tanda Coba Nomor Kendaraan Bermotor.
(2) Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor dan Tanda Coba Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberikan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia kepada badan usaha di bidang penjualan, pembuatan, perakitan, atau impor Kendaraan Bermotor.
(3) Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara pemberian dan penggunaan Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor dan Tanda Coba Nomor Kendaraan Bermotor diatur dengan peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Sedangkan sanksi yang diterapkan oleh pihak kepolisian dari ketiadaan surat dan perlengkapan registrasi tersebut adalah penyitaan. Langsung disita karena ditengara kendaraan bermotor tanpa TNKB atau plat nomor tersebut adalah curian, atau selundupan tadi. Ada banyak kemungkinan dugaan memang.
Terkait dengan plat nomor “Coba” ini, beberapa kali Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat bertemu dengan kendaraan roda dua dengan plat nomor bertuliskan ‘COBA’ ini; namun belum pernah bertemu mobil dengan plat nomor tersebut. Mungkin ada berkeliaran, hanya belum beruntung untuk melihat saja ^_^.


TAGS sewa mobil surabaya rental mobil surabaya sewa mobil di surabaya rental mobil di surabaya sewa mobil murah rental mobil murah rent car surabaya avanza surat penting TNKB plat nomor dealer aturan regulasi hukum sanksi registrasi polisi lalu-lintas jalan raya kendaraan


-

Author

mainsite:

sewamobildisurabaya: http://www.fortunerentcar.com

rentalmobildisurabaya: http://www.sewamobildisurabaya.org

sewarentalmobildibali: http://www.sewarentalmobilbali.com

Follow Me